Spiritual Journey

Kehadiran di tanah suci bukanlah perjalanan biasa. Langkah yang jauh itu merupakan spiritual journey, perjalanan spiritual menuju Allah -ta’ala, menjadi *dhuyuf al Rahman* (tetamu Allah Yang Maha Pengasih). Tamu yang baik hadir... Read more »

TAMAYYUZ

Muslim itu harus tamayyuz, unik dan berbeda. Bukan asal beda, tetapi berusaha tampil beda, meskipun berada di tengah khalayak; meskipun melakukan aktifitas yang sama dengan orang-orang di sekitarnya.  Yakhtalith wa lakin yatamayyaz,... Read more »

Resep Barakah

Ibnu Abbas -radliyallahu ‘anhu, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam al Bukhari dalam al Adab al Mufrad dengan sanad yang shahih, beliau berkata: ” عَجِبْتُ لِلْكِلاَبِ وَالشَّاءِ، إِنَّ الشَّاءَ يُذْبَحُ مِنْهَا فِي السَّنَةِ كَذَا... Read more »

DUA MIHRAB

Ada dua mihrab. Pertama, mihrab al ibadah, tempat para hamba menunaikan syiar-syiar ibadah. Kedua, mihrab al hayat, mihrab kehidupan yang terbentang luas di muka bumi, tempat para hamba merealisasikan ibadah dalam artinya... Read more »

TERAPI AKAR MASALAH

Hidup itu penuh masalah, al hayatu mukabadah. Allah –taala- menciptakan Bani Adam berada dalam susah payah (QS. Al Balad: 4). Bahkan, masalah, susah payah dan konflik menjadi simatu al hayat (ciri kehidupan)... Read more »

Marhaban ya Ramadhan 1439 H

Hadirnya Ramadhan adalah nikmat. Banyak kaum muslimin berharap menjumpai bulan mulia itu. Doa pun dipanjatkan kepada Allah -ta’ala: “Allahumma ballighnaa Ramadlana”, Ya Allah, sampaikan kami pada bulan Ramadhan. Setiap muslim layak bergembira... Read more »

Mengapa Konflik dalam Muamalah?

Tidak takut kepada Allah -ta’ala- dan akibat atas kecurangan yang dilakukan. Tidak ada bukti serah terima amanah atau titipan. Tidak ada bukti (tertulis, saksi, jaminan) dalam transaksi yang tidak tunai. Tidak ada... Read more »

Dua

Dr. Musthafa al Siba’i -rahimahullah- dalam Hakadza ‘Allamatni al Hayatu- menulis: Siapa yang memiliki 2 sifat, maka Allah -ta’ala- menyintainya: TAQWA & AKHLAK YANG BAIK. Siapa yang memiliki 2 sifat, maka manusia... Read more »

Al Rasikhuna fi al `Ilmi

Orang-orang yang mendalam ilmunya, dalam Ali Imran ayat 7, diistilahkan dengan al rasikhuna fi al `ilmi. Hati-hati mereka bersih dan berkomitmen kepada kebenaran. Karena hatinya bersih, maka akal mereka berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu... Read more »

Nikmat yang Agung adalah HIDAYAH dari Allah SWT

Ibrahim -‘alaihi al salam- berharap agar ayahnya menjadi muslim. Tapi, Allah -ta’ala- tak menghendaki, padahal Azar adalah ayah dari khalil (kekasih) Nya. Nuh -‘alaihi al salam, hamba yang banyak bersyukur, berharap anaknya... Read more »