Konsultasi – Hukum Menyekolahkan SK PNS

Assalaamu’alaikum Ustadz Saya memiliki seorang teman yang telah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil di luar kota Malang. Sebagaimana umumnya PNS yang telah memiliki SK, teman saya juga ikut “menyekolahkan” SK nya agar... Read more »

Konsultasi – Harta Peninggalan Nenek yang Sudah Wafat

Assalaamu’alaikum Ustadz, saya memiliki nenek yang telah meninggal beberapa waktu yang lalu. Selama hidup nenek saya selalu mengirimkan semua uang hasil usahanya ke saya untuk ditabung. Sebelum nenek meninggal, tidak ada pesan... Read more »

Konsultasi – Menyimpan Uang sebagai deposito

Assalamualaikum wr.wb Saya mau tanya tentang cara menyimpan uang atau investasi (deposito) yang di anjurkan dalam islam. Apa yang harus saya tekankan, bunga besar atau uang aman? Di saudara saya ada yang... Read more »

Konsultasi – Hutang Tidak dibayar oleh Saudara

Assalaamu’alaikum Ustadz saya pernah menghutangi saudara saya dalam nominal puluhan juta. Sekalipun dengan alasan yang dibuat-buat atau memang apa adanya. Namun saya berfikir wajib membantu saudara yang sedang butuh dibantu, apalagi dalam... Read more »

Bagaimana Hukum Menjual Barang Harga Tunai & Non Tunai yang Berbeda ?

PERTANYAAN  Bolehkah pada satu barang terdapat dua harga yang berbeda: harga tunai dan harga non tunai? Misal, bila tunai seharga 10.000,- dan tidak tunai harga 15.000.  Dalam khazanah fiqih klasik contoh seperti... Read more »

Bagaimana Hukum Melunasi Hutang dengan Mata Uang Berbeda

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنه قَالَ : كُنْتُ أَبِيعُ الْإِبِلَ بِالدَّنَانِيرِ وَآخُذُ الدَّرَاهِمَ، وَأَبِيعُ بِالدَّرَاهِمِ وَآخُذُ الدَّنَانِيرَ، فسألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن ذلك فقال: لَا بَأْسَ أَنْ تَأْخُذَهَا... Read more »

Bagaimana Hak Waris bagi Anak Angkat ?

Oleh: Ustadz Dr. Ahmad Djalaluddin, Lc. MA. TANYA “Saya mau nanya pak ustadz, jika seorang suami menikah dengan istri pertamanya selama bertahun-tahun tidak punya anak terus mereka mengadopsi anak laki-laki, setelah itu... Read more »

Cobaan Cinta & Setia

Oleh: Ustadz Dr. Ahmad Djalaluddin, Lc. MA. TANYA : “Ustadz, saya ini sudah menikah dan sudah punya anak. Namun, saat ini saya sedang jatuh hati sangat berat kepada wanita lain yang sudah... Read more »

Ulama Pimpin Aksi Bela Islam

Oleh: Ustadz Dr. Ahmad Djalaluddin, Lc. MA. Tanya : Jumat, 212. Subuh tadi, di penghujung kajian, ada pertanyaan salah satu jamaah: “Apakah aksi saudara-saudara kita di Jakarta bisa disebut jihad? Padahal jihad... Read more »

Uang Zakat diserahkan ke TPQ

Oleh : Dr.Ahmad Jalaluddin. Lc. MA Assalamualaikum wr.wb, apakah syah jika uang zakat diserahkan ke TPQ yg beberapa santrinya yang tidak mampu, tks wassalamualaikum wr.wb.  Jawab Objek penyaluran zakat (mustahiq) sudah ditetapkan... Read more »