Apa yang dimaksud Zakat Properti ?

Kata properti merujuk pada sesuatu yang dimiliki oleh seseorang, barang dan non barang. Tapi, masyarakat, lebih mengenal properti sebagai real estate, rumah, tanah, ruko, gudang atau gedung. Properti dalam istilah Arab disebut... Read more »

Kewajiban Mencari Nafkah bagi Seorang Muslim

Nafkah berasal dari kata ‘infaq’ (belanja). Arti dasar kata itu adalah al ikhraj (mengeluarkan) dan al nafaad (habis). Arti istilah nafkah adalah menyukupi (kebutuhan) orang-orang yang menjadi tanggungan dengan cara yang patut,... Read more »

Gharar, tapi Boleh

Gharar itu mastur al aqibah, ketidakjelasan akibat antara ada dan tidaknya barang, atau ketidakjelasan kadar dan sifat. Muamalah yang mengandung gharar berarti transaksi yang mengandung ketidakjelasan, ketidakpastian atau keraguan tentang keberadaan, sifat,... Read more »

Fiqih Aulawiyat: Qurban dan Bencana

Aulawiyat berarti prioritas. Fiqih aulawiyat berarti fiqih (ilmu) prioritas. Fiqih jenis ini bersanding dengan fiqih maqashid (fiqih tujuan-tujuan syariah), fiqih muwazanah (fiqih timbangan), dan fiqih waqi’ (fiqih realitas). Fiqih aulawiyat (prioritas) memandu... Read more »

SAMAHAH

Rasulullah –shallallahu `alaihi wa sallam- bersabda: رَحِمَ اللهُ رَجُلًا سَمْحًا إِذَا بَاعَ، سَمْحًا إِذَا اشْتَرَي، سَمْحًا إِذَا اقْتَضَي “Allah –ta`ala- merahmati orang yang memudahkan dalam menjual, dalam membeli, dan dalam meminta hak”(HR.... Read more »

Menyikapi Akad yang Batil

Kaidah yang mengikat setiap muslim dalam muamalah ekonomi dan keuangan adalah; Pertama, wajib meninggalkan akad-akad yang tidak syari atau yang batil. “Hai orang-orang beriman janganlah kamu saling memakan harta sesama dengan jalan... Read more »

AKAD GANDA

Akad ganda atau hybrid contract menjadi praktik lumrah’ di tengah masyarakat. Sulit dihindari. Disadari atau tidak, mayoritas kita menerapkannya. Saat menginap di hotel, dengan sekali pembayaran terkandung banyak akad: sewa kamar, sewa... Read more »

Menjual dengan Harga Berbeda dalam Pandangan Syariat Islam

Dr. H. Ahmad Djalaluddin, Lc., MA Tak masalah dengan praktik menjual dengan harapan mendapat laba. Karena jual-beli adalah akad tijarah (bisnis) yang diperkenankan mencari laba. Pedagang bebas menentukan berapa besar laba yang... Read more »

Beda Antara Makelar dan Wakil

Dalam suatu perusahaan direct selling, ada marketer. Kemudian marketer tersebut secara sistem diperbolehkan merekutreseller untuk membantu penjualan produk. Apakah ini termasuk samsarah ala samsarah? Karena ada yang berpendapatmarketer adalah makelar, dan makelar... Read more »

Mengembalikan Hutang saat Inflasi

Pada dasarnya, melunasi hutang menggunakan mata uang yang sama. Rupiah dengan rupiah, real dengan real, dan dollar dengan dollar. Tidak diperkenankan menyepakati pengembalian hutang dengan mata uang yang berbeda pada saat akad... Read more »