Home / Konsultasi / Wakaf atau Sedekah si Mayit

Wakaf atau Sedekah si Mayit

Oleh:
Ustadz Dr. Ahmad Djalaluddin, Lc. MA.

“Apakah wakaf/sedekah yang diatasnamakan orang tua yang sudah meninggal dapat sampai pahalanya kepada orang tua?

Mohon penjelasan dari ustadz, terima kasih.”
Andari, Malang

Jawab
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Nabi Muhammad –shallallahu `alaihi wa sallama- bersabda:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ أُمِّي افْتُلِتَتْ نَفْسُهَا وَأَظُنُّهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ، فَهَلْ لَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا؟ قَالَ: نَعَمْ .

Dari Aisyah –radliyallahu `anha, sesungguhnya seseorang berkata kepada Nabi -shallallahu `alaihi wa sallama: “Sungguh ibuku telah wafat, saya kira seandainya berkesempatan bicara beliau akan sedekah. Apakah beliau mendapat pahala seandainya saya bersedekah atas namanya? Nabi menjawab: Ya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasar hadits ini dan beberapa hadits lain yang terkait, Imam Ahmad, Ibnu Taimiyah, dan Ibnu al Qayyim –rahimahumullah, berpendapat  boleh menghadiahkan pahala amal shalih untuk mayit.

Semua jenis amal shalih bila dikerjakan dengan niat untuk orang yang wafat, pahalanya akan sampai pada si mayit, dan yang bersedekah mendapat pahala amal shalih.

Demikian pula dengan wakaf atau sedekah yang diniatkan utuk orang tua yang sudah meninggal, sebagaimana disebutkan oleh hadits di atas.

Wallahu a`lam bisshawab

Malang, 24 Safar 1438H
?Join Telegram:
http://telegram.me/ahmadjalaluddin

Silahkan disebarkan channel Telegram ini, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah kita. Aamiin,

About Administrator

Check Also

Uang Zakat diserahkan ke TPQ

Oleh : Dr.Ahmad Jalaluddin. Lc. MA Assalamualaikum wr.wb, apakah syah jika uang zakat diserahkan ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *