Tazkiyatunafs

Monday, 16 September 2019 - 08:14 WIB

6 months yang lalu

logo

Akibat Kedhaliman Kecil

Khosrau Anusyirwan, (Persia:انوشيروان jiwa yang kekal), juga dikenal sebagai Anusyirwan yang Adil (انوشیروان عادل, Anushiravān-e-ādel or انوشيروان دادگر, Anushiravān-e-dādgar) (lahir c. 501, berkuasa 531–579), adalah raja agung Persia Sassaniyah.

Sebagai seorang kaisar yang bijak dan adil, ia mendirikan kota-kota, memperbaiki jalur-jalur perdagangan, dan membangun jembatan serta bendungan. Pada masanya pula, seni dan ilmu pengetahuan berkembang di Persia, dan Sassaniyah mencapai puncak kejayaan.

Dikisahkan, suatu hari Anusyirwan dalam perjalanan berburu. Saat istirahat, Anusyirwan dan rombongannya berhenti untuk makan. Tapi, ia kehilangan garam.

Kaisar itu mengutus salah satu pengawalnya untuk membeli garam di desa terdekat. Pesannya kepada utusan itu, “Belilah garam dengan benar. Jangan mengambilnya gratisan, agar desa itu tidak rusak”.

Seorang menteri yang ikut dalam rombongan itu bertanya, “Apakah hanya dengan sebungkus garam yang diambil tanpa membayar, suatu desa bisa rusak?”

Anusyirwan menjawab, “Seperti itulah kedhaliman di dunia terjadi. Berawal dari yang sangat sedikit, lalu penguasa terus melakukannya hingga menjadi besar hingga akhirnya merusak”.

Wallahu a’lam bisshawab

Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya